Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Masyarakat Luwu Timur Wajib Jaga Kondisi Hutan

Gerbang Luwu Timur

LUWURAYA.NET-Salah satu potensi yang dimiliki Kabupaten Luwu Timur (Lutim) adalah hutan, pasalnya hampir 70 persen wilayah Lutim sebagian besar didominasi hutan.

Upaya untuk menjaga hutan sebagai Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak ternilai harganya.
Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Ekonomi dan Keuangan, Ir Nursih Haryani saat membuka kegiatan simulasi penyuluhan dampak perusakan hutan, Rabu (5/10) di Gedung Pertemuan Kecamatan Mangkutana.
Menurutnya, dalam hutan terkandung keanekaragaman hayati, sumber hasil hutan kayu, pengatur tata air, pencegah banjir, erosi serta kesuburan tanah, karena itu pemanfaatan dan perlindungannya diatur undang-undang dan peraturan pemerintah.
Persoalan yang dihadapi, lanjut Nursih adanya aturan yang berlaku tentang pemanfaatan hutan.
“Masih saja terdapat oknum yang melanggar ketentuan tersebut, sehingga berdampak pada kerusakan hutan,”ujarnya.
Untuk itu, dukungan dan keterlibatan masyarakat sangat penting guna menjaga kondisi hutan supaya tetap lestari.
Kegiatan simulasi yang dilakukan sangat penting dilakukan guna menyamakan persepsi dan memberikan pengetahuan, sikap, dan perilaku kelompok masyarakat untuk menjaga dan melesatarikan hutan.
Sementara, Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K), I Made Budiana saat membacakan laporan mengungkapkan sasaran pelatihan adalah kelompok tani, calon petani, calon lokasi, Kebun Bibit Rakyat (KBR), masyarakat pinggiran hutan, pelaku usaha dan lainnya yang diikuti sekitar 150 orang.
Pelaksanaan akan berlangsung tanggal 10 hingga 15 Oktober mendatang yang diawali di Desa Pongkeru Kecamatan Malili, kemudian Desa Lamaeto Kecamatan Angkona, lalu Desa Lewonu Kecamatan Burau, selanjutnya Desa Kasintuwu Kecamatan Mangkutana dan terakhir di Desa Argomulyo. ()

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>