Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Jika direkayasa, Kapolri dan Wakapolri harus lengser

Neta S Pane

LUWURAYA.NET – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus mencopot Kapolri Jenderal Timur Pradopo dan Wakapolri Komjen Nanan Sukarna, apabila terbukti bahwa ada perseteruan antara keduanya terkait penanganan kasus berdarah Mesuji, Lampung, maupun terbunuhnya demonstran di Bima, Nusa Tenggara Barat.

“Kalau benar isu yang selama ini beredar bahwa ada perpecahan diantara keduanya sehingga ada rekayasa dalam penanganan kasus Mesuji dan Bima, maka Presiden SBY harus mengambil langkah tegas. Presiden harus mencopot keduanya,” kata Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, di Jakarta, Selasa (27/12).

Ia menyarankan kepada Komisi III DPR RI untuk memanggil Kapolri dan Wakapolri terkait isu perpecahanan itu, agar tidak berkembang menjadi liar dan tidak bisa diklarifikasi. Pembiaran isu ini akan merusak institusi Polri.

Ia juga meminta agar Kapolri melakukan evaluasi total terhadap kinerja bawahannya dan menarik semua kapolda yang tidak becus. Dia pun menilai minimal ada tiga kapolda yang harus ditarik, Kapolda Lampung karena kasus Mesuji, Kapolda NTB karena kasus Bima dan Kapolda Kaltim karena kasus jembantan ambruk dan pembantaian orang hutan.

“Contohnya jelas ada korban masyarakat akibat tindakan berlebihan kepolisian. Untuk Kapolda Kaltim juga aneh, jembatan runtuh sampai hari ini tidak juga menetapkan tersangkat termasuk kasus pembunuhan orangutan. Masa kasus besar sampai hari ini tidak ada tersangkanya,” pungkas Neta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>