Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Tak Ada Pengunduran Pemilukada Luwu, Tetap 2013

luwurayanet- Hasil kunjungan KPU beserta jajaran Pemkab Luwu dalam rangka konsultasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat dan Kantor Kementerian Dalam Negeri(Kemendagri) Jakarta, baru-baru ini.memperjelas Pemilihan kepada daerah (Pemilukada) di Kabupaten Luwu tetap akan berjalan sesuai jadwal, diselenggarakan 2013 mendatang,tidak ada pengunduran..

Rombongan Komisioner KPUD Luwu diketuai Andi Padellang bersama dua komisioner, Syamsul Alam dan H Ridwan, didampingi Komisioner KPUD Sulsel, Dr Lomba Sultan dan dari Pemkab Luwu, Kepala Inspektorat, Lahmuddin, Kabag Pemerintahan, Rahmat, Kabag Hukum, Buhari, dan Kabag Pemerintahan, Muhammad Rudi.Juga ikut dalam rombongan anggota komisi I DPRD Luwu.
Saat diterima Kepala Bagian Teknis Perencana Pilkada KPU Pusat, Nur Syafaat, rombongan mempertanyakan kebenaran penundaan Pemiluka di beberapa daerah kabupaten dan Kota. Apalagi saat ini kian merebak di media massa termasuk di dalamnya tahapan Pemiluka Luwu yang informasinya mengalami penundaan hingga tahun 2015.

Kepala Bagian Teknis Perencana Pilkada KPU Pusat, Nur Syafaat menegaskan bahwa wacana penundaaan pilkada di beberapa kabupaten/kota di Indonesia itu baru sebatas wacana dan belum pasti.

KPU Pusat, sebutnya, belum menerima secara tertulis aturan penundaan tahapan pilkada itu. “Informasi itu barus sebatas wacana saja, KPU pusat belum menerima secara tertulis aturan itu dari Kemendagri. Jadi, itu hanya sebatas informasi dari media massa,” tutur Nur Syafaat.

Dengan belum adanya kepastian, sebut dia, maka KPUD dan Pemkab Luwu tetap harus melaksanakan tahapan Pemiluka Luwu pada September 2013 mendatang. “Belum ada aturan yang mengikat penundaan Pemilukada Luwu. Semua schedul silakan dijalankan sesuai program. Jika memang ada perubahan aturan secepatnya kami informasikan ke daerah khususnya ke KPUD dan Pemkab Luwu,” bebernya.

Hal senada ditambahkan Kepala Seksi Wilayah dan PAW DPRD Kementerian Dalam Negeri, Herman. Katanya, hingga saat ini informasi penundaan pilkada di beberapa daerah kabupaten/kota baru memang belum memiliki keputusan secara tertulis.

“Yang jelas, Kemendagri sendiri hingga saat ini belum mengeluarkan satu pun aturan tertulis soal penundaan Pilkada Luwu dan daerah lainnya di Indonesia,” aku Herman.

Pemkab Luwu sendiri sejauh ini sangat siap dan berharap pemilukada tidak diundur. Menurut Kabag Pemerintahan Kabupaten Luwu, Rahmat Azis, pada prinsipnya Pemkab Luwu telah siap dengan dukungan anggaran pemilukada jika dilaksanakan tahun depan sesuai jadwal yang ada.

Bahkan, berdasarkan dukungan DPRD saat ini Pemkab Luwu telah menyiapkan plafon anggaran senilai Rp7 miliar dan tahun 2013 nanti atas dukungan DPRD Luwu juga akan difinalisasi seluruh kebutuhan anggaran Pilkada Luwu sesuai estimasi kebutuhan yang diperlukan. “Kita berharap sesuai jadwal,” harap Rahmat.

Berdasarkan hasil konsultasi itu, maka KPU Luwu menyampaikan ke masyarakat bahwa sudah jelas pihak KPU Pusat dan Kemendagri mendukung pelaksanaan tahapan Pilkada Luwu bulan September 2013 mendatang, Komisioner KPUD Sulsel, Dr Lomba Sultan juga ikut meyakinkan bahwa memang harus mengacu pada Undang Undang 32 tahun 2004 dan revisi kedua Undang Undang No 12 ahun 2008 tentang pemerintah daerah.

“Dengan adanya kejelasan informasi yang diperoleh dari KPU pusat dan Kemendagri maka tak ada keraguan bagi penyelanggara Pilkada di Luwu yakni KPUD Luwu untuk melaksanakan tahapan Pikada Luwu sesuai koridor yang ada,” tegas Lomba. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>