Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Disdik Diperintahkan Atasi Sekolah yang tidak Terakreditasi

Ilham_Arief_Sirajuddin_7096luwurayanet- Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin memerintahkan Dinas Pendidikan (Disdik) untuk segera mengatasi masalah akreditasi yang dikabarkan banyaknya sekolah belum terakreditasi.

“Saya tidak tahu kalau masih ada sekolah negeri yang belum terakreditasi, kalau sekolah swasta itu mungkin saja tetapi kalau negeri itu tidaklah mungkin,” ujarnya di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, jika benar masih ada sekolah negeri yang belum terakreditasi maka pihak dinas pendidikan harus lebih aktif untuk turun langsung mengecek kebenarannya kesetiap sekolah.

Masalah akreditasi sekolah, kata Ilham menjadi hal yang penting dan kepala dinas selaku pembina sekolah harus mengetahuinya dan harus lebih aktif melihat permasalahan disetiap sekolah.

“Kepala dinas itu kan pembinanya dan harusnya dia tahu semua masalah teknsi seperti itu. Makanya saya heran kalau memang masih ada sekolah negeri yang belum terakrditasi dan masa saya yang harus turun tangan langsung mengatasinya,” katanya.

Menurut dia, semua sekolah di Makassar sudah terakreditasi, maka dari itu Ilham mengaku heran jika ada sekolah negeri yang tidak atau belum terakreditasi.

Wali Kota Makassar dua periode ini mengaku akan memerintahkan Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar untuk secepatnya menyelesaikan masalah tersebut dengan memanggil seluruh sekolah negeri yang belum terakreditasi.

“Secepatnya harus diselesaikan ini permasalahan, apalagi saat ini sudah mendekati Ujian Nasional (UN) sehingga tugas Kepala Dinas Pendidikan menjalankan fungsi koordinasi dengan sekolah-sekolah negeri yang belum atau terakreditasi,” tegasnya.

Untuk itu Kepala Dinas diminta untuk berkoordinasi dengan sekolah-sekolah dan jeli melihat apa yang menjadi kekurangannya, khususnya masalah akreditasi sekolah. Bukan cuma kepala dinas, para kepala sekolah juga harus jeli melihat apa yang menjadi persoalan dan kekurangan yang ada di sekolahnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Muhyiddin mengatakan Disdik Makassar sudah menghimbau kepada sekolah negeri yang belum atau tidak terakreditasi yang ada di Makassar untuk segera mengajukan perpanjangan akreditasi sekolah.

“Semua sekolah negeri di Makassar sudah terakreditasi. Hanya saja surat akreditasinya yang tercatat di badan Akreditasi Sekolah sudah kadarluarsa dan harus diperpanjang,” ujarnya saat dihubungi melalu telepon genggamnya (HP).

Untuk itu Muhyiddin menyampaikan kepada Kepsek negeri yang masa akreditasinya sudah kadarluarsa dan melaporkan ke Badan Akreditasi Sekolah karena menurutnya, ini bukan hanya tanggungjawab Disdik, tapi badan Akreditasi juga harus proaktif memberikan informasi kepada sekolah yang telah habis masa berlaku akreditasinya.

Akibat masalah akreditasi tersebut sejumlah siswa merasa gelisah akibat belum terakreditasinya sekolah mereka. Terkait hal tersebut, Muhyidin mengatakan para siswa tidak perlu khawatir tidak bisa mengikuti UN karena sekolahnya belum terakreditasi.

“Siswa tetap bisa mengikuti UN, walaupun sekolahnya belum memperpanjang masa berlaku akreditasinya. Kan sekolahnya hanya perlu memperpanjang masa berlaku akreditasinya,” ucap dia.
(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>