Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 7 tahun 2013, Perbolehkan Menteri Nyaleg

Fery Kurnia Rizkiyansyah

Fery Kurnia Rizkiyansyah

luwurayanet- Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 7 tahun 2013 yang memperbolehkan menteri mencalonkan diri sebagai anggota legislatif tanpa mundur dari jabatannya, banyak menuai kecaman.

Hal ini dikarenakan tidak adanya asas persamaan kepada kepala daerah yang ingin maju sebagai calon legislatif (caleg) yang diwajibkan mundur dari jabatannya.

Menanggapi itu, Komisioner KPU Fery Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, tidak perlunya menteri mundur bila mencalonkan diri dalam Pemilu Legislatif, karena jabatan yang diemban hasil penunjukkan, bukan pemilihan.

“Menteri itu pejabat yang ditunjuk dan pejabat daerah dipilih oleh rakyat,” kata Fery, kepada wartawan, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2013).

Dikatakannya, jika seorang kepala daerah tidak mundur dari jabatannya saat nyaleg, ditakutkan terjadi konflik internal dan manipulasi. “Contoh saat pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) kepala daerah bisa saja menunjuk orang-orangnya agar terlibat untuk memanipulasi data,” ujarnya.

Namun, kata dia, seorang menteri yang nyaleg sudah diatur dalam kampanye pejabat negara, dimana tidak boleh menggunakan fasilitas negara saat berkampanye.

Sebelumnya, lima menteri dari Partai Demokrat akan nyaleg pada Pemilu 2014 mendatang, mereka yakni Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsudin, dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Syariefuddin Hasan. [12/oke]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>