Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

UU PMA Pintu Bagi Swasta /Asing Kuasai Kekayaaan Alam Kita

ekonomi-liberal04luwurayanet – Mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di DIY melakukan aksi untuk mendesak Undang-Undang Penanaman Modal Asing (UU PMA). Sebab, mereka menilai, UU PMA hanya menghancurkan alam Indonesia yang berakibat pada kepunahan berbagai habitat satwa dan flora.

“Hapus UU PMA, karena berpedoman dengan UUD ’45. Dengan disahkannya UU PMA, sama saja dengan membuka pintu bagi swasta maupun asing untuk menguasai kekayaaan alam kita,” kata Koordinator aksi Sendy Tisia Natalia dalam aksinya yang dilakukan di sepanjang Malioboro Yogyakarta hingga titik Nol Kilometer, Senin (22/4).

Aksi dalam rangka memperingati Hari Bumi diikuti tim mahasiswa pecinta alam UMB (Universitas Mercu Buana), Yogyakarta, IKIP PGRI Wates, Mayapala Amikom dan Perempuan Mahardika.

Menurut Sendy, salah atu dampak dari eksploitasi alam yang berlebihan adalah tragedi Lumpur Lapindo. “Sampai saat ini luapan lumpur Lapindo belum bisa dihentikan. Hal ini tentu saja berpengaruh bagi jutaan spesies yang seharusnya masih bisa hidup,” katanya.

Dalam aksinya mereka menyimbolkan dampak eksploitasi alam yang berlebihan yakni tragedi lumpur Lapindo dengan melumuri seluruh tubuh dan wajah menggunakan lumpur.

“Tidak ada keuntungan yang dirasakan rakyat akibat eksplorasi asing maupun swasta terhadap alam ini. Maka dari itu, kami nyatakan bersatu lawan penindasan. Untuk pertanggungjawaban kepada rakyat, pemerintah harus mengganti kerugian akibat kerusakan tersebut,” seru salah seorang orator.[ian/rol]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>