Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Prediksi hasil PiLeg 2014: PDIP, Golkar, Gerindra masuk tiga besar sedang PBB, Nasdem dan PKPI tidak masuk parlemen

pemilu-2014130520cluwurayanet – Pusat Kajian Demokrasi Indonesia Nurjaman Center For Indonesian Democracy (NCID) hari ini merilis prediksi hasil Pemilu Legislatif 2014. Menurut Direktur Eksekutif Nurjaman Center, Jajat Nurjaman, hasil Pemilu Legislatif 2014 sudah dapat diprediksi dengan memperhatikan tren elektabilitas partai politik serta memperhatikan konsistensi gerakan masing-masing calon anggota legislatif melalui media elektronik dan media sosial.

“Jika Pemilu Legislatif 2014 dilaksanakan hari ini, NCID memprediksi hanya sembilan partai politik yang akan mendapatkan kursi di tingkat DPR RI” ujar Jajat. Ia melanjutkan, “PDIP akan menjadi pemenang pemilu dengan 124 kursi, Gerindra di posisi kedua dengan 105 kursi, Golkar dengan 93 kursi, Demokrat dengan 71 kursi, PAN dengan 58 kursi, PKS dengan 35 kursi, PPP dengan 31 kursi, Hanura dengan 23 kursi, PKB 20 kursi”.

Jajat menuturkan, penelitian yang dilakukan oleh NCID pada 8 – 23 Maret menghasilkan prediksi kemenangan dengan tingkat kepercayaan 98% dan margin of error 3 %, Nurjaman Center memprediksi, PBB, Nasdem dan PKPI tidak dapat mencapai ambang batas parlemen nasional.

Selain itu, NCID juga memprediksi, karena batas pengajuan presiden, yaitu 112 kursi atau 20% penguasaan kursi, akan memunculkan koalisi antara

PDIP dengan PKB, (144 kursi atau 25% penguasaan kursi) dan koalisi Gerindra dengan PPP (136 kursi atau 24% penguasaan kursi) serta koalisi antara Demokrat,PKS,PAN dan Hanura (187 kursi atau 33 penguasaan kursi). Sementara Partai Golkar akan memegang peranan krusial, karena berada dalam posisi poros tengah.

“Prediksi pola koalisi di Pemilu Presiden 2014 ini saya dasarkan dari kedekatan masing-masing pimpinan partai politik. Saya yakin di dalam Pemilu ini tidak akan terulang kejadian seperti 2009, di mana dominasi Partai Demokrat begitu kental. Sekarang semua berlomba untuk mencalonkan Capres masing-masing”, tegas Jajat.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>