Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

DPD Perhiptani Luwu Utara: 6 Pesan Untuk Lancarkan Roda Organisasi

lukman5luwurayanet- Secara resmi, DPD Perhiptani Kabupaten Luwu Utara telah diakui keabsahannya sebagai sebuah organisasi profesi di Luwu Utara seiring dikukuhkannya kepengurusan DPD Perhiptani Lutra Periode 2015-2020 oleh Ketua DPW Perhiptani Sulawesi Selatan, Dr. Ir. H. Achmar Manring, MS., Selasa, 1 November kemarin, di Aula Hotel Remaja Indah Masamba. Hal ini berarti pula bahwa Ketua DPD Perhiptani Lutra, Ursianto Lamba, secara resmi mendapatkan legalisasi formal guna mengibarkan panji organisasi setinggi mungkin.

Olehnya itu, untuk membangun komunikasi antarpengurus dan anggota Perhiptani, serta untuk menjalankan roda organisasi dengan lancar, maka Achmar Manring selaku Ketua DPW menitip enam pesan kepada Ursianto untuk diemban dengan sebaik-baiknya. “Melalui kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku Ketua DPW Perhiptani Sulsel, menitip enam pesan kepada adinda saya, Ursianto Lamba, untuk dilaksanakan dengan baik bersama para pengurus dan anggota lainnya,” ujar Achmar.

Pesan pertama yang dilontarkan Achmar adalah Ketua DPD harus bisa mengambil keputusan dengan tepat, berpikir solutif, bertindak cepat serta melupakan segala masalah ketika ada hal yang dianggap kurang tepat. “Ambil keputusan yang cepat, pikir, kerjakan dan lupakan. Maksudnya lupakan di sini adalah lupakan penyesalan karena setiap kebijakan pasti ada sesuatu hal yang kurang tepat. Setelah itu, pikirkan solusinya,” ujar Achmar.

Pesan kedua adalah tetapkan arah dan pertajam tujuan. “Kedua, saya meminta agar Ketua DPD mampu menetapkan arah kebijakan organisasi dan pertajam tujuan yang hendak dicapai dengan senantiasa bersinergi dengan pengurus dan anggota lainnya,” ucap Achmar lagi. Pesan ketiga yang disampaikan mantan Kepala Bakorluh Sulsel itu adalah seorang Ketua harus mampu membagi tugas dengan baik secara adil dan merata dengan anggota lainnya. “Bagi-bagi tugas secara adil dan merata pada semua pengurus dan anggota, serta jajaran penyuluh lainnya,” terang Achmar.

Pesan keempat yang dianggap paling urgen adalah Ketua DPD harus mampu mengharmonisasikan semua program kerja yang ditawarkan organisasi dengan program kerja yang ada di lingkup pemerintahan. “Harmonisasikan seluruh program kerja organisasi dengan program-program kerja yang ada di lingkup pemerintaha. Ini penting, dalam upaya menjalin kerja sama dan kemitraan dengan lembaga pemerintah, termasuk dengan lembaga swasta lainnya,” jelas Achmar.

Pesan kelima yang disampaikan Achmar yang saat ini masih menjabat sebagai Kadis Perkebunan adalah Ketua DPD harus bisa memikirkan kebahagiaan anggota lainnya dengan cara menghilangkan polarisasi dan faksi-faksi yang bisa saja terjadi. “Pikirkan kebahagiaan anggota secara lahir dan batin,” tegas Achmar. Dan pesan terakhir yang dilontarkan Achmar adalah Ketua harus terbiasa membuka mata dan telinga, serta membuka hati dengan cara menerima semua masukan dan kritikan secara bijak.

“Ketua bukan hanya bisa berbicara saja, tapi harus buka mata, hati dan telinga, perbaiki gestur karena kadang juga ketua harus mendengar yang tidak enak, tapi yang paling penting adalah ulurkan tangan, rangkul perbedaan untuk bersama-sama berakselerasi secara cermat, cepat dan tepat,” pungkas Achmar. (Lukman Hamarong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *