Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Indah ; “Sagu Wajib Kita Budidayakan”

lukman2luwurayanet- Selain sebagai salah satu pangan lokal khas dan unggulan di Kabupaten Luwu Utara, sagu juga merupakan salah satu makanan pokok pengganti beras paling laris di Luwu Utara khususnya, dan Tana Luwu pada umumnya. Adagium yang mengatakan, belum sah disebut orang Luwu jika tak suka makan kapurung, mungkin ada benarnya. Karena hampir sebagian besar masyarakat Tana Luwu adalah penggemar kapurung yang notabene bahan dasarnya dari sagu. Bahkan orang ‘asing’ pun kini mulai tertarik mencicipi kapurung. Saking tertariknya, tidak sedikit makanan berkuah ini dijual di luar Tana Luwu. Di Makassar dan Jakarta sudah terdapat warung-warung yang menyajikan kapurung.

Melihat antusiasme masyarakat dan potensi tanaman sagu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani meminta masyarakat yang mempunyai lahan luas untuk senantiasa membudidayakan tanaman tersebut dengan baik dan benar, sehingga memudahkan untuk memasarkan hasil panen yang juga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan. “Kita punya tiga pangan unggulan, yakni padi, jagung dan sagu. Khusus sagu, saya minta masyarakat untuk membudidayakannya dengan baik dan benar, meski sebenarnya sagu ini sifatnya bukan budidaya karena dapat tumbuh di mana saja pada kawasan yang luas, tetapi dengan perlakuan budidaya yang baik, hasilnya pun bisa lebih baik juga,” imbau Indah.

Olehnya itu, demi menguatkan potensi sagu, Indah meminta camat untuk membuat Peraturan Desa (Perdes) tentang Sagu. Uniknya, Perdes tersebut nantinya bisa digunakan pada saat acara lamaran di sebuah komunitas masyakarat. “Soal sagu, saya imbau camat bikin Perdes tentang Sagu. Kalau ada orang melamar, harus menanam sagu terlebih dahulu. Di tempat lain begitu juga. Sesuai dengan komoditi yang ada di wilayah tersebut. Dan kita patut bersyukur, pemerintah pusat telah menggerakkan seluruh stakeholder guna menjaga kelestarian tanaman sagu,” pungkas Indah (Lukman Hamarong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *